Jumat, 15 November 2019

Resensi Buku


Resensi Buku 

Identitas Buku :
Judul Buku
:
Ilmu Bahan
Pengarang
:
Drs. Hari Amanto
Drs. Daryanto
Penerbit
:
Bumi Aksara
Tahun Terbit
:
1999
Tempat Terbit
:
Jakarta
Jumlah Halaman
:
161

Sinopsis Buku
Buku ini membahas tentang bahan logam dan non logam, serta proses pembuatan besi dan baja secara lengkap, serta membahas tentang korosi, bahan sintetis dan pelumas. Pembahasan tentang isi dari buku ini dijabarkan dalam 11 bab yaitu:

Bab 1 Bahan Logam dan Non Logam
Pada bab ini menjelaskan bahwa bahan teknik dapat dibagi menjadi 2 yaitu bahan logam dan non logam. Serta menjelaskan apa saja yang termasuk kedalam kelompok  logam dan non logam.

Bab 2 Proses Pembuatan Besi
Pada bab ini menjelaskan tentang proses pembuatan besi dari awal bahan besi yaitu biji besi, jenis biji besi yang digunakan , bahan bakar dalam proses pembuatan besi, bahan pengikat, proses yang terjadi pada dapur tinggi dan hasil akhir yaitu besi. Selain itu pada bab ini juga menjelaskan karakteristik dari bahan logam seperti sifat mekanis,sifat fisik, sifat teknologis dan sifat kimia bahan logam.

Bab 3 Proses Pembuatan Baja dan Panduannya
Pada bab ini berisi unsur-unsur campuran pada pembuatan baja, proses pembuatan baja secara modern yaitu dengan cara konvektor dan dapur listrik, jenis baja karbon dan pengaruh unsur campuran terhadap sifat baja. 

Bab 4 Proses Pembuatan Besi Tuang dan Besi Tempa
Bab ini menjelaskan proses pembuatan besi tuang mulai proses dalam dapur peleburan, sampai dengan  pembentukan struktur besi tuang selain itu juga menjelaskan pengaruh unsur campuran dalam besi tuang  dan jenis-jenis besi tuang. Bab ini juga menjelaskan pembuatan besi tempa dari saat pencairan, pendidihan, dan penyelesaian serta pengaruh unsur-unsur campuran pada besi tuang.

Bab 5 Perlakuan Panas pada Baja
Pada bab ini menjelaskan perlakuan panas pada baja yang dapat mengubah sifat baja dengan cara mengubah ukuan dan bentuk butir-butirannya, juga mengubah unsur pelarut dalam jumlah yang kecil. Serta menjelaskan dapur yang digunakan untuk perlakuan panas, proses perlakuan panas pada baja, dan juga pengerasan permukaan baja.

Bab 6 Mencetak dan Menuang  
Pada bab ini menjelaskan proses pemberi bentuk pada benda kerja dengan menggunakan model dan mal, juga menjelaskan bahan cetakan dan bahan teras serta cara menuang besi cair.

Bab 7 Unsur-Unsur Paduan dan Pengaruhnya pada Baja
Pada bab ini menjelaskan tentang unsur-unsur paduan logam, pengaruh unsur paduan. Pengaruh unsur paduan yang terjadi pada baja yang dijabarkan meliputi Pembentukan karbit, kelarutan dalam ferit dan austenite, perubahan diagram keseimbangan, kecepatan tranformasi dan pengaruh pada ukuran butiran Kristal.

Bab 8 Logam ringan dan berat
Pada bab ini akan menjelaskan apa saja material yang termasuk dalam logam ringan dan logam berat serta sifat-siat material dan cara pembentukan material.  Material logam ringan yang akan dijabarkan dalam bab ini adalah alumunium dan magnesium sedangan logam berat yang akan dijabarkan adalah tembaga, perunggu, perunggu bebas seng, perunggu bebas seng paduan kepal, perunggu seng, perunggu alumunium, perunggu silicon, perunggu timbel, Loyang, seng, timbel atau timah hitam, timah putih dan  kuningan.

Bab 9 Sintetis
Pada bab ini akan menjelaskan bahan sintetis yang sering digunakan pada industri permesinan, dari industri kecil sampai industri besar. Adapun yang akan dijelaskan adalah bahan plastic bahan termoplastik, bahan isolasi, bahan penyekat dan  bahan paking.

Bab 10 Korosi dan Cara Melindunginya
 Pada bab ini akan menjelaskan penyebab korosi baik secara kimia maupun elektrolit, bentuk korosi, serta pencegahan korosi melalui 2 cara yaitu proses paduan dan pelapisan permukaan.

Bab 11 Pelumas
Pada bab akan menjelaskan proses pengolaan minyak bumi menjadi bahan bakar bensin atau diesel, minyak pelumas. Selain menjeaskan proses juga menjelaskan fungsi dan jenis-jenis minyak pelumas serta penggunaan minyak pelumas sebagai mesin oli, oli silender uap, oli motor, oli hidrolik, pelumas transmisi roda gigi lurus dan roda gigi cacing.

Kelebihan Buku
Buku ini sangat cocok menjadi referensi untuk siswa sekolah kejuruan dan mahasiswa. Susunan kata dalam penjelasan isi buku sangat mudah dimengerti sehingga membuat pelajar baik siswa sekolah kejuruan maupun mahasiswa tidak mengalami kesulitan dalam mempelajarinya.

Kelemahan Buku
Kelemahan buku ini adalah pada saat menjelaskan proses pembuatan atau pengolahan logam kurangnya diberi gambar bahan, alat dan proses pengolahan,  hal ini agak menyulitkan pembaca dalam membayangkan bentuk dan cara pengolah logam yang  dijabarkan dalam buku.

Buku ini dapat ditemukan di http://library.uny.ac.id/ 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar